• baru
  • gbanner7

Cerdas Berkarakter

Pencarian

Kontak Kami


SMA SWASTA CAHAYA MEDAN

NPSN : 10210725

Jl.Hayam Wuruk No.11 Medan 20153


info@smaswastacahayamedan.sch.id

TLP : 061-4513285


          

Prestasi Siswa


Paduan Suara LSC

Granprix Pattaya Thailand



:: Selengkapnya

Banner

Statistik


Total Hits : 665818
Pengunjung : 318089
Hari ini : 206
Hits hari ini : 330
Member Online : 1
IP : 44.192.20.240
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Mengenal Apa Itu ANBK: Pengertian hingga Tujuannya




Apa itu ANBK?

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Dilansir dari situs resmi Kemendikbud.go.id, mutu satuan pendidikan ini dinilai berdasarkan hasil belajar siswa dari beberapa aspek yaitu literasi, numerasi, dan karakter.

Seperti namanya, ANBK adalah program penilaian mutu sekolah yang dilakukan secara online atau semi online. ANBK online berarti digelar melalui akses internet yang stabil menggunakan komputer proctor untuk membuka token.

Sedangkan ANBK semi online maka komputer yang digunakan tidak membutuhkan internet langsung, namun akan terhubung dengan komputer proctor yang memiliki akses internet.

 Asesmen Nasional sangat berbeda dengan Ujian Nasional. Hal ini terlihat langsung dalam praktek yang dilakukan. Ujian Nasional hanya fokus pada penilaian aspek kognitif siswa. Sementara, Asesmen Nasional sifat penilaiannya menyeluruh, baik kognitif maupun non-kognitif. Bahkan hingga ke kualitas lingkungan belajar yang dimiliki setiap sekolah.

 

Tujuan Asesmen Nasional

Asesmen Nasional bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan berdasarkan informasi akurat di setiap sekolah untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Selain itu, hasil dari Asesmen Nasional nantinya berupa informasi yang dapat dipakai untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari waktu ke waktu. Termasuk juga mengidentifikasi kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan. 


Misalnya, adanya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu

wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu.

Tak hanya itu, menurut penjelasan anbk.kemendikbud.go.id bahwa  tujuan Asesmen Nasional adalah mengembalikan tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

Dengan adanya Asesmen Nasional ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran. 

Sekian penjelasan tentang apa itu ANBK mulai dari pengertian, tujuan hingga perbedaannya dengan ujian nasional.

Rifan Aditya

Selasa, 16 November 2021 | 16:02 WIB




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas